Antara IT dan IS

Saya yakin dua istilah ini tidak asing lagi bagi rekan-rekan yang berlatarbelakang pendidikan dari Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi ataupun Manajemen Informatika.
Kedua kata ini juga tidak asing lagi dilingkungan perkantoran yang telah menggunakan komputer sebagai alat bantu ataupun di masyarakat umum pengguna komputer, terlebih lagi dikalangan pebisnis komputer.
Namun kenyataannya banyak yang tidak dapat menjelaskan dimana perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut, “IT” dan “IS”, sama? beda? atau bagaimana?
Dari pengalaman saya, beberapa perusahaan yang telah menggunakan komputer dan teknologinya sebagai alat bantu untuk proses administrasi dan proses bisnisnya bahkan sesungguhnya tidak memahami betul perbedaan mendasar dari kedua kata tersebut. Hal ini yang kadang membuat perusahaan menyusun struktur jabatan yang kurang tepat untuk departemen yang bertugas menangani hal-hal yang berhubungan dengan komputer, sistem dan teknologinya.
Pada artikel ini saya ingin mencoba sharing apa yang saya ketahui dan pendapat saya mengenai dua kata tersebut. Kemungkinan besar rekan-rekan lain punya point of view yang berbeda sehingga mempunyai pendapat yang berbeda pula, silahkan dishare aja…
Saya hanya ingin focus pada perngertian mendasar dari “IT” dan “IS”, terlepas dari jabatan-jabatan spesialisasi seperti: programmer/developer (system programmer, application programmer, web atau desktop/API based, dll), network engineer, database administrator, system engineer, application support technician, multimedia designer, dan lainnya.

IT (Information Technology) menurut wikipedia.org (en.wikipedia.org/wiki/Information_technology): “the study, design, development, implementation, support or management of computer-based information systems, particularly software applications and computer hardware.”, artinya: sebuah studi, perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen terhadap sistem informasi yang berbasis komputer, khususnya software dan hardware.

IS (Information System) menurut wikipedia.org (en.wikipedia.org/wiki/Information_system  en.wikipedia.org/wiki/Information_systems_(discipline)): “is any combination of information technology and people’s activities using that technology to support operations, management, and decision-making. In a very broad sense, the term information system is frequently used to refer to the interaction between people, algorithmic processes, data and technology.”, artinya: perpaduan dari IT dan aktivitas orang-orang yang memakai teknologi tersebut untuk mendukung operasional, manajemen dan pengambilan keputusan. Dalam arti lebih luas, adalah interaksi antara manusia, proses, data dan teknologi.

Dalam beberapa artikel lain, juga memyampaikan arti yang pada dasarnya sama dengan diatas.
Prinsip dasarnya adalah IT adalah salah satu unsur yang terdapat dalam IS, terlepas dari IT dan IS yang berbasis komputer (computer based) atau tidak. Ujung-ujung pembicaraan dari IS adalah menghasilkan informasi yang efektif dan efisien untuk pengambilan keputusan dimana tingkat efektifitas dan efisiensi dipengaruhi salah satunya oleh teknologi dan lainnya adalah manajemen dan finansial. Jadi IS memiliki cakupan unsur yang lebih luas dari IT, yaitu IS mencakup unsur manajemen, finansial dan teknologi sedangkan IT mencakup teknologi. Tiap unsur dapat dijabarkan lagi lebih luas dan biasanya terdapat saling beririsan. Dalam perkembangannya beberapa irisan membentuk istilah-istilah baru misalnya yang populer adalah ICT (Information & Communication Technology)  dan MIS (Management Information System.
Di jaman moderen ini, berbicara IS mutlak tidak dapat terlepas dari IT, oleh sebab itu orang-orang IS harusnya mengetahui dan menguasai IT disamping Manajemen dan Finansial dan mungkin unsur-unsur lainnya. Sedangkan untuk rekayasa dan pengembangan IT harusnya adalah fungsi orang-orang IT.

Menurut saya perusahaan-perusahaan yang menerapkan IS dan IT sebaiknya bisa memahami dengan baik pengertian antara IT dan IS, sehingga tepat dalam membentuk departemen dan penugasan/fungsi orang-rang dalam departemen tersebut. Untuk skala kecil mungkin dapat membentuk departemen IT dan untuk skala lebih besar membentuk departemen IS yang didalamnya ada sub IT, atau bahkan ada beberapa perusahaan yang memisahkan departemen IT dan IS.

Salam Smart.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: